Penambang Tradisional Terancam

Penambang Tradisional Terancam

\"1342753574illegalLEBONG UTARA, BE - Adanya perusahaan yang masuk ke Desa Lebong Tambang, Lebong Utara, Lebong untuk melakukan eksploitasi emas di  daerah tersebut bisa menjadi ancaman serius bagi penambang tradisional.

Pasalnya penambang tradisonal ini hanya mengandalkan alat-alat tradisional dalam melakukan penambangan emas tersebut. Jika pemerintah tidak mencarikan solusinya, maka warga penambang itu bisa kehilangan mata pencaharian.

\"Selama ini pendapatan penambang tradisional di Lebong Tambang cukup besar. Namun dengan masuknya perusahaan yang melakukan eksploitasi di wilayah Lebong Tambang, maka warga pasti akan sedikit tergusur. Makanya kita berharap kepada pemerintah untuk mengantisipasi persoalan ini,\" ujar Kades Lebong Tambang, Mispon.

Dicontohkan Mispon, soal pembagian lahan dan pemanfaatan tenaga SDM lokal, pihak investor harus meprioritaskan  warga lokal untuk peningkatan pendapatan warga lokal tersebut. \"Jangan sampai warga nanti malah tidak terakomodir kesejahteraannya. Kita harapkan ini bisa jadi perhatian pemerintah untuk kedepan,\" pungkas Mispon.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: